Home / Berita / BPS Pilih Sukoharjo Sebagai Perintis Desa Cantik di Kota Malang

BPS Pilih Sukoharjo Sebagai Perintis Desa Cantik di Kota Malang

Kelurahan Sukoharjo dipilih menjadi salah satu rintisan Kelurahan/Desa Cantik (Cinta Statistik) bersama 70 kelurahan/desa lainnya se Jawa Timur atau 100 desa/kelurahan se Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan dan Kepemimpinan BPS RI, Dr. Watekhi, S.Si, MSE. dalam Diskusi dan Sosialisasi yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang

di Aula Kel. Sukoharjo, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut, dalam paparannya, Watekhi menjelaskan Program Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) adalah salah satu inovasi yang dilakukan BPS pada tahun 2021 untuk mendukung semangat Satu Data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

Program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik.

Selain 100 desa/kelurahan se-Indonesia sebagai rintisan, nantinya diharapkan program Desa Cantik dapat dilaksanakan di seluruh desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai di Kelurahan Sukoharjo bersama beberapa personel BPS Kota Malang tersebut dihadiri Plt. Lurah Sukoharjo Januar Agung Rizaldhi, SE.

Januar Agung Rizaldhi berharap dengan adanya sosialisasi atau pendampingan dari BPS semoga bisa meningkatkan wacana dan ilmu teman-teman kelurahan dan dengan meningkatkan dari khazanah ilmu otomatis meningkatkan kinerja kita .

Dan juga berharap dalam pelayanan kepada masyarakat juga meningkat dengan adanya data yang akurat dan valid dan insya Allah nanti akan dibantu tentang penyampaian data pengumpulan pengumpulan penyampaian data evaluasi penyampaian secara maksimal dengan istilah desa cantik.

 

 

About kecklojen

x

Check Also

Plt. Kecamatan Klojen Drs. R. Achmad Mabroer Membuka Monitoring dan Evaluasi Pendataan Keluarga (PK) Tahun 2021

Plt. Kecamatan Klojen Drs. R. Achmad Mabroer membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pendataan Keluarga (PK) ...