BeritaBerita Kecamatan

Camat Klojen Drs. Heri Sunarko Mengikuti Upacara Secara Virtual Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2021

Kecamatan Klojen – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2021, Camat Klojen Drs. Heri Sunarko M.Si mengikuti upacara secara virtual yang diselenggarakan Pemerintah Kota Malang dari Balai Kota Malang, Jumat (1/10/2021). Upacara ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung doa bersama untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur, terutama para pahlawan revolusi. Pada kegiatan ini juga dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti.

Sementara itu, pembacaan UUD 1945 dilakukan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” demikian penggalan ikrar yang dibacakan Puan Maharani.

Sebelum upacara ditutup, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas bertindak sebagai pembaca doa. Upacara tersebut dihadiri secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, upacara diikuti secara virtual oleh para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat, serta keluarga pahlawan revolusi. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober.

Turut mengikuti upacara secara virtual di Balai Kota Malang, yakni Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT, jajaran Forkopimda Kota Malang, dan Forkopimda Plus, serta Forkopimda Koordinator.

Adapun peserta upacara yang bertempat di aula Gedung Mini Block Office lantai IV diikiti oleh Camat Klojen Drs. Heri Sunarko M.Si beserta Kepala Dinas yang lain.