BeritaBerita Kecamatan

Pemkot Malang Bina Sekolah untuk Tingkatkan Mutu UKS

Klojen, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan tema ‘Optimalisasi dan Penguatan Peran UKS di Masa Pandemi’ di Hotel Aria Gajayana, Senin (6/12/2021).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, anak merupakan generasi emas yang masing-masing memiliki potensi yang luar biasa. Untuk itu, edukasi yang dilakukan terhadap anak harus tepat termasuk dalam masalah kesehatannya. “Sangat penting mengajarkan anak sehat dengan memberikan keteladanan. Anak jangan sampai hanya diberikan dogma-dogma,” jelas Sutiaji, pada acara yang dihadiri peserta ketua pelaksana UKS di tingkat SD/MI, SMP/MTS se-Kota Malang.

Camat Klojen Drs. Heri Sunarko M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Klojen Ir. Agus Tri Putranto, M.T. menghadiri Sosialisasi dan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan tema ‘Optimalisasi dan Penguatan Peran UKS di Masa Pandemi’ di Hotel Aria Gajayana, Senin (6/12/2021).

Sejak dini, anak harus diajak bisa memecahkan masalah yang dihadapi tidak hanya diberikan instruksi saja. Selain pendekatan instruksional, sangat penting dilakukan pendekatan secara emosional dengan memberikan keteladanan dan pembiasaan perilaku.

“Kalau selama ini pendekatan terhadap anak lebih banyak wajib, wajib, dan wajib. Harus, harus, dan harus. Sudah saatnya dirubah dengan lebih banyak memberikan keteladanan,” ujar Sutiaji.

Dengan mengajarkan kepada anak-anak bagaimana bisa memecahkan masalah, diharapkan anak-anak bisa berkembang dengan baik sesuai dengan dunianya. Anak-anak harus diberikan kasih sayang sehingga terus berkembang, secara sadar atau tidak bisa memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik.

Melalui jalan ini, diharapkan anak-anak bisa memecahkan masalah sejak dini, punya perilaku hidup yang sehat dengan pendidikan dan pendekatan yang baik. Contoh dan keteladanan perilaku hidup yang sehat harus terus diberikan, sehingga tercipta perilaku hidup yang sehat. “Kenapa melalui UKS, karena UKS sangat penting untuk memberikan edukasi kepada anak-anak yang saat SD/SMP adalah anak-anak dengan usia emas,” tegas Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Malang Imam Mabrur mengatakan, kegiatan ini adalah bagian untuk meningkatkan usaha pelayanan UKS kepada siswa. Di mana UKS merupakan garda terdepan untuk memberikan edukasi terhadap anak agar bisa lebih baik dalam menjalankan pola hidup sehat.

“Termasuk di masa saat ini ketika ada pandemi Covid-19. Edukasi terhadap anak sangat dibutuhkan. Salah satunya melalui UKS,” terang Imam.

Imam menambahkan, dengan edukasi terhadap anak, efeknya bukan hanya untuk anak itu sendiri. Namun juga bisa membawa edukasi untuk orang tua. Pasalnya, dari pengalaman selama ini jika edukasi terhadap orang tua susah, justru melalui anak-anak bisa lebih mudah diberikan pengertian. (cah/ram)

Sumber : https://malangkota.go.id/

Foto : istimewa