BeritaBerita Kecamatan

Geliatkan Ekonomi, Camat Klojen Terus Resmikan Bazar Rakyat

Pemulihan ekonomi dengan berbagai varian program terus digalakkan di Kecamatan Klojen. Salah satunya dengan menggerakkan kembali pasar rakyat di berbagai wilayah.

“Setelah hampir dua tahun terakhir ini, ekonomi mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19. Ini saatnya bagi kita untuk bangkit. Kita tata kembali ekonomi dengan berbagai usaha-usaha produktif,” ungkap Camat Klojen Drs. Heri Sunarko M.Si saat membuka Bazar Ekonomi Kreatif di Kelurahan Kidul Dalem, Sabtu (23/1/2022).

Bazar – bazar yang digelar secara temporal dan barang jualan yang tematik menjadi salah satu jurus yang dipilih. Hal ini menjadi pengungkit ekonomi di level mikro. Dengan penjual yang berasal dari warga sekitar.

“Ada laju perekonomian yang bergerak. Meski dalam skala mikro, tapi ini akan mampu memicu sektor-sektor lain ikut bergerak,” terang Ipuk.

Sesuai dengan arahan Walikota Malang, setelah dua tahun berlalunya Covid-19, perekonomian supaya digeliatkan. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Ini adalah bagian dari gerakan Kecamatan Klojen, sebuah program multisektor untuk membawa Kecamatan Klojen pulih dari pandemi,” terang Drs. Heri Sunarko M.Si

Menurut Lurah Kidul Dalem Atiyatul Husna, S.Hi, M.Ei, inisiasi bazar tersebut berangkat dari upaya untuk merintis pusat ekonomi baru. “Proyeksi saya, ini nantinya bias diterapkan di masing-masing RW. Kita awali dari Kelurahan dulu,” ungkapnya.

Gagasan tersebut disambut antusias oleh warganya. Di antaranya datang dari Andriyani. Ia bersama perwakilan RW berjualan sejumlah makanan pelengkap. Seperti jajan pasar, nasi bungkus, jamu, dan lain sebagainya. “Senang bisa berjualan di kampung sendiri. Membuka lapangan pekerjaan baru juga,” terangnya.

Sementara itu, Ipuk juga menambahkan, geliat pasar-pasar rakyat ini, akan terus didampingi oleh Pemkab Banyuwangi. Tidak hanya dari sisi promosi, tapi juga dari sisi manajerial.