Home / Berita / HUT ke-77 RI, Kecamatan Klojen Patroli Untuk Sosialisasikan Pemasangan Bendera Merah Putih

HUT ke-77 RI, Kecamatan Klojen Patroli Untuk Sosialisasikan Pemasangan Bendera Merah Putih

Kecamatan Klojen – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Kecamatan Klojen mensosialisasikan pengibaran Bendera Merah Putih ke Tempat usaha, Mall, rumah warga yang ada di wilayahnya. Sosialisasi itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Malang Nomor: 003/1501 tentang Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik RI Tahun 2022 Tingkat Kota Malang.

“Selama bulan Agustus ini kami di Kecamatan Klojen bersama Sekretaris Kecamatan Klojen, Kasi Trantib Kecamatan Klojen dan dibantu satgas banjir Kecamatan Klojen, turun mensosialisasikan pengibaran Bendera Merah Putih ke para pengusaha yang masuk wilayah kami,” kata Kasi Trantibnya, Achmad Sandhi,  kepada kecklojen.malangkota.go.id, Senin (08/08/22).

Sesuai dengan sambutan walikota Malang, Drs. Sutiaji bahwa tujuan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningktakan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. Gerakan ini merupakan imbauan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. “Anjuran ini dari pemerintah pusat kita gali nilai-nilai patriotisme, nilai-nilai juang, nilai-nilai NKRI, nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, dan kita tancapkan di Bumi Pertiwi ini bahwa Merah Putih adalah satu-satunya kita kuatkan di bumi persada Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji menjelaskan bahwa degradasi patriotisme dan nasionalisme anak bangsa telah menjadi ancaman tersendiri akibat dari disrupsi kemajuan teknologi. Karenanya, melalui gerakan ini diharapkan bermanfaat untuk menguatkan kembali nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme. “Bahwa nilai-nilai patriotisme sudah mulai luntur, maka dengan gelora 77 tahun kemerdekaan itu, harapannya nilai-nilai itu bangkit,” ujarnya.

dengan mengibarkan bendera merah putih. Menurutnya budaya mengibarkan bendera ini juga menjadi salah satu penghormatan untuk mengingat pengorbanan para pejuang meraih kemerdekaan. “Saat ini kita bisa hidup dan menikmati suasana kemerdekaan adalah karena perjuangan para leluhur kita yang sudah mengorbankan jiwa, raga, harta dan nyawanya. Maka nilai-nilai ini harus kita kuatkan,” tambahnya.

Dikatakannya, ada ratusan perusahaan yang membuka usaha di Kecamatan Klojen yang belum memsang bendera. Mereka wajib memasang atribut bendera untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Kami juga bagikan bendera ke beberapa pengusaha seperti di restoran, bengkel sepeda, warnet, Bank serta warga yang di depan rumhanya belum memsang Bendera Merah Purih,” katanya.

“Kami ingatkan kepada mereka agar menjalankan SE Wali Kota ini. Tentu akan kami pantau dan tegur bagi para pelaku usaha atau perusahaan yang tidak memasang bendera Merah Putih di Kecamatan Klojen,” tutupnya.

 

 

About kecklojen

x

Check Also

Masyarakat Kecamatan Klojen Meriahkan Karnaval Kota Malang, Pestanya Budaya Nusantara

Puluhan ribu pasang mata sejak pagi tampak memadati koridor Kayutangan Heritage, Jalan Semeru hingga Jalan ...