Program On Desc (Layanan Ijin Usaha Mikro)

On Desc adalah akronim dari Online and Delivery Service atau secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai: “Dalam Jaringan” dan “Layan Antar”. Maksudnya sistem pelayanan integratif antara pemanfaatan media web online dan layanan antar dokumen.

On Desc dapat juga diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai : “Di atas Meja”. Hal ini dapat dimaknai bahwa melalui sistem pelayanan ini, pengguna layanan (yakni para pelaku UKM) dapat menikmati layanan terbaik tanpa meninggalkan ruang kerja mereka.

Hanya dengan laptop, PC, tablet ataupun perangkat lainnya “di atas meja” (tentu yang berbasis web dan terhubung internet),mereka dapat memperoleh layanan yang disediakan secara prima dan paripurna. Setelah persyaratan dan prosedur telah dilalui dengan baik, dokumen yang dibutuhkan juga akan siap “di atas meja” mereka. Tanpa harus ribet dan meninggalkan tempat usaha mereka.

Secara filosofis On Desc atau “di atas meja” juga menyiratkan makna transparansi dan akuntabilitas layanan. Ia antonim dari frasa “di bawah meja” yang secara konotatif bermakna patgulipat, main mata, dan penyimpangan. Intinya selain sederhana pelayanan ini juga mengedepankan kejelasan, transparansi dan akuntabilitas.

Tuntutan masyarakat di era digital ini, tidak saja kepada layanan yang prima dan paripurna, namun juga instant dan akuntabel. Fakta itulah mengharuskan kami menyediakan sistem layanan inovatif ini.

Tentang Layanan ON DESCLayanan On lineInfo lebih lanjutFAQ

Sekilas Tentang On Desc

Alur dan Prosedur

Persyaratan

 

Layanan Pendaftaran

Layanan Pengaduan

Latar Belakang

Dasar Hukum

FAQ frequent ask question adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan) dan sengaja kami tampilkan agar kami tidak harus menjawab pertanyaan sejenis berulangkali. Sebelum mengajukan pertanyaan silahkan mencari pertanyaan sejenis pada fitur ini. Kecuali pertanyaan tersebut memang tidak ada pada FAQ ini, akan kami jawab dan akan kami publish untuk membantu pengguna yang lain.

Jadi jangan ragu untuk menanyakannya kepada kami, karena kami dengan senang hati akan melayani dan menjawab pertanyaan anda. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu anda, klik pada pertanyaan untuk mendapatkan jawabannya. Semoga bermanfaat.


Mengapa Program OLDES ini hanya pada layanan Surat Keterangan Ijin Usaha Mikro dan tidak dengan layanan administrasi yang lain?

Mengapa harus web online dan bukan media atau platform lain?

Mengapa mekanisme online hanya dilakukan pada tataran pendaftaran pemohon saja (Online parsial), dan tidak dilakukan secara aplikatif (Online holistis) hingga penyelesaian dokumen? Padahal hal tersebut sangat dimungkinkan, dan dapat menekan potensi penyimpangan akibat pertemuan/ tatap muka petugas layanan dan pemohon?

Benarkah program ini betul-betul gratis dan dilaksanakan dengan sepenuh hati? Faktanya banyak program layanan dengan jargon gratis, namun kurang maksimal karena para pelaksananya kurang berintegritas dan setengah hati.