Berita Kecamatan

Penilaian Lomba Urban Farming di RW 4 Kelurahan Penanggungan

Camat Klojen Drs. Heri Sunarko didampingi ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan Klojen Dra. Mimin Hariani melakukan pendampingan Penilaian Urban Farming dan Penilaian Budidaya Ikan di dalam ember yang dilakukan oleh Tim juri lomba urban farming Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) yang bertempat di Balai RW. 04 RT. 02 Jalan Ciamis Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (26/2/2024).

Tim juri melihat langsung berbagai kegiatan dan aktivitas di tempat ini. Baik itu penanaman tanaman sayur-mayur, buah-buahan, dan juga berbagai pernik yang lain sebagai bahan penilaian lomba.

Juri lomba urban farming Kota Malang, Syamsul Arif mengungkapkan, apresiasi atas semangat warga RW 04 untuk urban farming cukup bagus. Ini menjadi bagian penting mengembangkan sistem pertanian urban di lahan yang terbatas.

Termasuk melihat secara langsung bagaimana warga RW 04 memanfaatkan air, lahan kosong menjadi urban Farming.

“Mulai dari ada ikan, air yang melimpah, dan juga bagaimana urban farming bisa dilakukan. Sehingga masyarakat bisa menikmati sayuran sehat, organik, dan bagaimana mengolah makanan sehingga membawa manfaat,” terang Juri.

Tim Juri juga memantau langsung bagaimana administrasi dan notulen urban farming dilakukan. Meski kesannya sepele, adanya administrasi yang baik sangat dibutuhkan untuk memasyarakatkan urban farming.

“Seperti administrasi pembibitan, notulen buku pembibitan, buku kas semua ada urutannya. Sehingga sampai dengan penjualan itu kami melihat,” terang Tim Juri.

Camat Klojen Drs. Heri Sunarko mengaku senang dengan hadirnya tim juri lomba urban farming di RW. 04 Kota Malang. Hal ini menjadi penyemangat warga untuk terus berkreasi, sehingga kampung ini bisa semakin dikenal dengan berbagai prestasi.

“Dari tim juri kami semakin banyak mendapat masukan berharga untuk mengembangkan kampung ini,” kata Heri Sunarko.