Profil

Klojen adalah sebuah kecamatan di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini di sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Lowokwaru dan Blimbing, timur dengan kecamatan Kedungkandang, selatan dengan kecamatan Sukun dan barat dengan kecamatan Sukun dan Lowokwaru. Selain itu daerah ini terletak di 112 26.14 hingga 112 40.42 Bujur Timur dan 077 36.38 hingga 008 01.57 Lintang Selatan.

Secara administratif, Kecamatan Klojen dikelilingi oleh empat kecamatan lainnya yang ada di Kota Malang. Di sebelah utara, Kecamatan Klojen berbatasan langsung dengan Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Blimbing. Sedangkan di sebelah timur, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Kedungkandang. Sementara di sebelah selatan, Kecamatan Klojen berbatasan dengan Kecamatan Sukun. Lalu, di sebelah barat, kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Sukun dan Kecamatan Lowokwaru.

Untuk mengurus administrasi kependudukan, warga setempat bisa datang ke Kantor Kecamatan Klojen Kota Malang yang beralamatkan di Jalan Surabaya, Klojen, Kota Malang. Berdasarkan laman resminya, Kecamatan Klojen memiliki luas area 8,83 kilometer persegi. Saat ini, Kecamatan Klojen memiliki total 11 kelurahan. Mulai dari Kelurahan Klojen, Kelurahan Rampal Celaket, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kelurahan Samaan, Kelurahan Penanggungan, Kelurahan Gading Kasri, Kelurahan Bareng, Kelurahan Kasin, Kelurahan Sukoharjo, Kelurahan Kauman, Kelurahan Kiduldalem.

Kecamatan Klojen memiliki beberapa lembaga kemasyarakatan yang dibawahi. Mulai dari PKK, LPMK, BKM, Karang Werda, Karang Taruna, Forum Kecamatan dan Kelurahan Sehat, hingga Forum Anak. Selain itu, pihak kecamatan ini juga mewadahi puluhan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Sebagai kota pendidikan, sekolah-sekolah pun tersebar di berbagai wilayah di Kota Malang, tak terkecuali di daerah Kecamatan Sukun. Di kecamatan ini terdapat banyak sekolah mulai jenjang dasar, menengah pertama, hingga menengah atas dan kejuruan. Sekolah Menengah Atas Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri di kecamatan ini antara lain MAN 3, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5.

Sementara sekolah swasta terkenal lainnya adalah SMA Islam, SMA Katolik Santo Albertus (Dempo), SMA Katolik Cor Jesu, SMA Katolik Frateran, SMA Katolik Santa Maria, SMA Kristen Kalam Kudus, SMA Kristen Petra, SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, dan SMA Taman Harapan. Sementara untuk SMP dan MTs unggulan, ada nama MTs Negeri 01, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri  5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 19, SMP Katolik Kolese Santo Yusup 01. Sedangkan sekolah kejuruan antara lain SMK Negeri 03, SMK Negeri 04, dan SMK Nasional.

Basis Data

SAKIP KLOJEN 2016 RENSTRA 2014-2018 IKU 2015 (PENYEMPURNAAN) LAPORAN KINERJA 2015 PAPARAN SAKIP 2015 RKT 2016 RENJA 2016-2017 IKU 2016 LAPORAN KINERJA TRIWULAN I TH 2016 LAPORAN KINERJA TRIWULAN II TH 2016 PERJANJIAN KINERJA CAMAT TH. 2017 LEMBAR PERNYATAAN CAMAT TH. 2017 PERJANJIAN KINERJA SEKCAM TH. 2017 LEMBAR PERJANJIAN KINERJA SEKSI PELAYANAN UMUM TH. 2017 …

Lihat halaman »