BeritaBerita Kecamatan

602 Pelajar Kota Malang Terima Beasiswa Pendidikan

Di tahun 2024 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyalurkan bantuan sosial berupa beasiswa pendidikan kepada 602 pelajar SMA/K sederajat dan mahasiswa. Dari jumlah tersebut, untuk 292 mahasiswa penerima beasiswa masing-masing menerima bantuan sebesar Rp2 juta per bulan atau Rp24 juta dalam setahun, dan 310 pelajar menerima bantuan pendidikan sebesar Rp440.000,- per bulan atau Rp 5.280.000,- dalam setahun.

Usai menyerahkan beasiswa pendidikan secara simbolis, Sabtu (11/5/2024), Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengatakan bahwa bantuan ini bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang. Para penerima bantuan ini adalah pelajar dan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

“Diberikannya bantuan ini agar para pelajar dan mahasiswa penerima terus berprestasi. Selain itu agar mereka bisa menyelesaikan pendidikannya sampai lulus, sehingga ke depan angka putus sekolah di Kota Malang dapat terus ditekan seoptimal mungkin,” imbuhnya.

Disampaikan Wahyu, beasiswa pendidikan ini telah diprogramkan sejak lama. Dan ketika ada bantuan beasiswa kepada mereka-mereka yang membutuhkan, ada kriteria-kriterianya. “Saya juga minta, karena ada bantuan tentunya ada tanggung jawab sendiri, dan kami berharap bisa lebih baik lagi prestasi mereka, bisa membanggakan dan tentu bisa membahagiakan orang tuanya,” tuturnya.

Tahun 2023 lalu, orang nomor satu di Pemkot Malang itu mengatakan bahwa jumlah penerima bantuan serupa sebanyak 311 yang terdiri dari 112 pelajar SMA/K sederajat dan 199 mahasiswa. Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan paket sembako bagi orang tua setiap penerima beasiswa.

Adapun penerima bantuan biaya pendidikan yang diserahkan langsung oleh Pj. Wali Kota Malang hari ini yaitu Luchy Efendi Jalan Sanan Gg. 16 RT 08/RW 15 Kel. Purwantoro, Kec. Blimbing, ⁠Abdul Hafid Jalan KH. Malik Dalam Rt.05 Rw.04 Kel. Kedungkandang, Kec. Kedungkandang, ⁠Nadia Rizky Jalan Mayjen Sungkono Gg VI/36 Kel. Buring Kec. Kedungkandang, Feni Nur Aini Jalan Embong Brantas SD 25 Kel. Kiduldalem Kec. Klojen, dan Rahma Jl. Embong Brantas SD 25 Kel. Kiduldalem Kec. Klojen. (say/yon)