Berita Kecamatan

Sabet Juara Satu Lomba SKK, Kecamatan Klojen Wakili Kota Malang Maju ke Tingkat Provinsi

Kecamatan Klojen akhirnya terpilih sebagai juara satu Lomba Sinergisitas Kinerja Kecamatan (SKK) Kota Malang 2024. Disusul juara II Kecamatan Sukun dan terakhir Kecamatan Lowokwaru. Penentuan juara tersebut disampaikan saat Upacara Apel Pagi Senin (23/7) yang dihadiri oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

KECAMATAN TERBAIK: Camat Klojen Heri Sunarko menerima plakat hadiah dan piagam sebagai Juara I Lomba SKK Kota Malang 2024 dari Pj Wali Kota Malang Wahtu Hidayat di Upacara Apel Pagi Balai Kota Malang

Setelah sebelumnya dilaksanakan penilaian mulai dari pelaporan kinerja melalui Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan (Sincan) hingga tinjauan lapangan. Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Malang Yuyun Nanik Ekowati menyebutkan setiap kecamatan memiliki keunggulan masing-masing. Ia mengatakan indikator penilaian dari Lomba SKK tersebut yakni administrasi, innovasi, dan juga tinjau lapangan.

“Sehingga kesesuaian apa yang dipresentasikan dengan keadaan lapangan menjadi salah satu poin utama yang ditekankan,” katanya

Sementara itu, Camat Klojen Heri Sunarko mengatakan yang paling menentukan kecamatan yang ia pimpin bisa terpilih juara I adalah memiliki banyak keunggulan bidang inovasi. Setidaknya ada 10 program inovasi yang menjadi fokus Kecamatan Klojen, “Program-program tersebut dimulai sejak 2021 dan tetap berlanjut hingga hari ini,” tuturnya. Program-program tersebut meliputi olahraga silaturahmi, penurunan stunting hingga program berkah bulan kelahiran yang memberikan voucher BBM dari fasiliats yang dimiliki Camat kepada ASN yang ketepatan sedang berulang tahun.

Program-program tersebut sukses membawa Kecamatan Klojen terpilih menjadi juara pertama. Selain itu, keterpenuhan pengisian Aplikasi Sincan juga menjadi pertimbangan utama di ajang ini. Kecamatan Klojen berhasil meraih nilai 91. Masih kurang beberapa tahap, hal tersebut lah yang akan pihaknya tingkatkan untuk menyongsong Lomba SKK pada tingkat Provinsi Jawa Timur mendatang. Selain itu pemampatan kinerja juga perlu dimaksimalkan lagi, tentu saja Kata Heri ini akan diteruskan oleh kepemimpinan camat berikutnya. Karena pihaknya akan resmi purna tugas pada Agustus nanti. “Ini jadi kado terindah sebelum masa pensiun, saya juga akan terus mendampingi prosesnya nanti,” imbuhnya. Ia berharap Kecamatan Klojen akan mampu menjadi juara satu Lomba SKK di Tingkat Provinsi nanti.