Berita Kecamatan

Apresiasi Wajib Pajak, Bapenda Kembali Gelar Gebyar Sadar Pajak 2024

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang memberikan apresiasi bagi wajib pajak (WP) yang membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu dalam acara ‘Gebyar Sadar Pajak Tahap I Tahun 2024’ di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Jumat malam (23/8/2024). Di gelaran rutin tahunan ini, beragam hadiah diundi begai WP yang beruntung, antara lain kompor gas, sepeda gunung, laptop, mesin cuci, kulkas, sepeda motor, dan hadiah utama berupa mobil.

Penjabat (Pj.) Wali kota Malang, Iwan Kurniawan ST, MM mengatakan bahwa gelaran ini adalah salah satu langkah untuk terus menggenjot pendapatan pajak dan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu juga karena target pendapatan PBB menjelang triwulan ketiga ini melampaui target.

“Dari target Rp387,9 miliar, hingga 23 Agustus sudah terealisasi Rp439,9 miliar. Capaian ini patut diapresiasi karena hitungan untuk triwulan 3 akan berakhir pada September. Harapannya pencapaian ini nantinya bisa diikuti jenis pajak lain, seperti pajak reklame, parkir dan resto,” imbuhnya.

Lebih jauh Iwan mengatakan, dalam konteks ini bukan hanya mencapai target tapi menunjukkan bahwa warga Kota Malang sadar pajak. “Nah kalau sudah sadar terhadap pajak, tentunya kami di jajaran pemerintah daerah juga ingin memaksimalkan pemanfaatan pajak itu dengan pembangunan dan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

Pada momen ini, Pj. Wali Kota Malang juga mengajak semua warga masyarakat sebagai wajib pajak agar selalu membayar pajaknya tepat waktu dan tidak menunggak. Pasalnya, kemajuan suatu daerah salah satunya ditentukan oleh pendapatan pajaknya.

Dalam kesempatan ini, apresiasi juga diberikan kepada lima kelurahan dan satu kecamatan pembayaran PBB nya tertinggi. Ke depan, mantan Penjabat Bupati Lebak, Banten itu pun meminta semua lurah dan camat di Kota Malang untuk dapat mengikuti prestasi tersebut. “Maka dari itu, mulai saat ini kita harus bekerja keras,” ajaknya. (say/yon)