Berita Kecamatan

Camat Klojen Hadiri Rapat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Penyerahan Data Peserta JKN Berpotensi Covid

Klojen – Camat Klojen menghadiri rapat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Penyerahan Data Peserta JKN Berpotensi Covid Kota Malang yang dipimpin oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (13/05/2020).

Rapat koordinasi yang bertujuan untuk mengantisipasi berbagai hal di tengah pandemi Covid-19 khususnya terkait inflasi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi untuk mengendalikan inflasi, seperti menyiapkan uang kartal sekitar Rp36 triliun dan mengoptimalkan pembayaran nontunai bagi warga masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Statistik (BPS) Kota Malang, Drs. Sunaryo, M.Si mengatakan bahwa ia sudah memetakan sejumlah harga yang dapat memicu terjadinya inflasi. Pihaknya pun sudah melakukan pendataan sejumlah harga kebutuhan di pasaran dan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak.

Begitu juga dengan pihak Perum Bulog Cabang Malang. Kepala Bulog Malang, Anita Andreani memaparkan bahwa stok pangan aman untuk memenuhi kebutuhan warga hingga akhir tahun 2020, seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu.


Perum Bulog menyebutkan jika pihaknya juga bekerja dengan sejumlah BUMN lain dalam hal penyediaan harga paket kebutuhan bagi masyarakat. “Harganya pun dijamin lebih terjangkau dan bahkan relatif lebih murah jika dibanding harga di pasaran, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya ditengah pandemi seperti saat ini,” urainya.

Wali Kota Malang pun mengapresiasi apa yang telah disampaikan, dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik meski sedang ada wabah. “Warga masyarakat hendaknya tetap mengikuti instruksi pemerintah dalam upaya mencegah dan menekan penularan Covid-19. Seperti berpola hidup sehat, yang diantaranya selalu mencuci tangan dan melakukan semua aktivitas di rumah,” imbau Sutiaji.

Walikota Malang itu juga akan melakukan pemantauan harga sejumlah kebutuhan di pasaran untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.