BeritaBerita Kecamatan

Forum Kota Sehat Lakukan Pendampingan di Kelurahan Penanggungan

Klojen, MC – Forum Kota Sehat melakukan pendampingan Lokus Malang Kota Sehat di Kelurahan Penanggungan, Kota Malang, Kamis (11/11/2021). Acara ini untuk menyiapkan sumber daya manusia dan juga sarana dan prasarana agar lebih baik lagi.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan, Forum Kota Sehat di Kota Malang sudah ada sejak 2020. Artinya, saat ini Forum Kota Sehat sudah dua tahun sejak diresmikan tahun lalu. “Ada beberapa hal yang ditugaskan untuk Forum Kota Sehat ini. Terutama terkait bagaimana kawasan pemukiman yang sehat sarana dan prasarana umum yang sehat,” jelas Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko.Kemudian bagaimana kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan juga terkait dengan ketahanan pangan. Jadi Forum Kota Sehat, selain permukiman juga terkait ketahanan pangan ini. “Saya tekankan dalam pertemuan ini, agar bapak ibu yang hadir semakin paham apakah itu Forum Kota Sehat,” tegas Bung Edi.

Forum Kota Sehat juga terkait bagaimana pasar rakyat yang sehat, kawasan pendidikan, dan smart city. Mulai dari PAUD, SD, dan SMP mendapat pendampingan. Demikian juga kehidupan sosial yang sehat. “Lokus di Kelurahan Penanggungan terkait kesiapsiagaan bencana. Ini difokuskan di Kelurahan Penanggungan karena kesiapsiagaan dan ketahanan bencana maju ke tingkat provinsi,” ujarnya.

Begitu juga dengan transportasi massal juga mendapat pendampingan dari Forum Kota Sehat. Di mana didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan pengguna di kawasan terminal. Dalam hal ini untuk mewujudkan lalu lintas sehat, jalan raya sehat, dan pariwisata sehat. “Seluruh aspek kehidupan harus diarahkan, bagaimana menjadi sehat baru terwujud yang namanya kota sehat,” terangnya.

Keberadaan Forum Kota Sehat merupakan bentuk partisipasi publik membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Alat ukurnya adalah kepuasan masyarakat yang terlayani dengan baik. Adanya berbagai peraturan dari kelurahan, kecamatan, dan kota harus mampu mewujudkan ketertiban dan aman. “Kalau seluruh pembangunan ditujukan untuk masyarakat, maka gol akhirnya adalah tercapainya kesejahteraan,” pungkasnya. (cah/yon)

Sumber : https://malangkota.go.id/

Foto : Klojen