BeritaBerita Kecamatan

FMKS Optimis Raih Predikat Swasti Saba Wistara

Klojen (kecklojenmalangkota.go.id) – Kampung Kayutangan Heritage menjadi lokus verifikasi Kota-Kabupaten Sehat Tahun 2023 Tingkat Nasional. Seluruh elemen masyarakat melakukan berbagai langkah agar kampung heritage ini nantinya menjadi kampung terbaik.

Ketua FMKS Samsul Hadi mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji saat berkeliling kampung Kayutangan

Berbagai upaya itu juga dilakukan oleh anggota Forum Malang Kota Sehat (FMKS) agar pencanangan kota sehat itu terealisasi dengan baik. Kampung Kayutangan Heritage ditunjuk sebagai lokus pariwisata sehat karena pernah meraih prestasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tingkat nasional.

Demikian yang disampaikan Ketua FMKS, Samsul Hadi, usai mendampingi Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji ketika meninjau kesiapan semua elemen kampung Kayutangan untuk verifikasi Lomba Kota Sehat, Selasa (8/8/2023). “Kita mempunyai sembilan program Kota Sehat yang salah satunya hari ini sudah dikunjungi oleh Pak Wali. Kemudian memenuhi data-data tentang kegiatan posyandu disabilitas dan peningkatan proporsi puskesmas untuk melayani masyarakat secara efektif,” ujarnya.

Ditambahkan Samsul, berdasarkan jumlah penduduk per wilayah itu, menurutnya jumlah puskesmas yang ada masih kurang. Oleh karenanya akan ditambah Puskesmas Pembantu dari Pemkot Malang, yang kemudian data tersebut akan dimasukkan kembali sehingga akan menambah skor penilaian nantinya.

“Saat ini kita masih terus berupaya untuk memenuhi skor itu. Kita kemarin sudah mempersiapkan skor di atas 95. Kalau di atas angka 95 itu artinya kita sudah masuk kategori Swasti Saba Wistara. Kita tahun ini optimis untuk dapat predikat Wistara,” imbuhnya.

Lebih jauh Samsul menyampaikan jika pekerjaan rumah bagi timnya dan semua elemen masyarakat sebenarnya adalah mempersiapkan lokus dan mengkaji bersama dengan perangkat daerah terkait, dan mengoordinasikan antar perangkat daerah. “Dengan demikian, semua nanti akan berjalan maksimal,” pungkasnya. (say/yon)