BeritaBerita Kecamatan

Jadi Lokus Verifikasi Kota Sehat, Wali Kota Malang Tinjau Kayutangan

Klojen (malangkota.go.id) – Tahun 2023 ini Kampung Heritage Kayutangan menjadi lokus verifikasi Kota-Kabupaten Sehat Tahun 2023 Tingkat Nasional, sehingga berbagai persiapan dan pembenahan terus dilakukan. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di sela agenda kedinasannya mengunjungi kampung yang ada di Jalan Basuki Rahmad itu, Selasa (8/8/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau salah satu lokasi di Kayutangan

Pria berkacamata itu menyampaikan bahwa pihaknya ingin memastikan kesiapan berbagai sarana prasarana, kebersihan dan partisipasi masyarakat seperti apa sejauh ini. “Saya ucapkan terima kasih yang luar biasa. Apa yang dulu diinisiasi bersama-sama tetap dipertahankan. Ini contohnya kalau dilihat kan bersih, kerja bakti tiap dua minggu sekali,” ujar pria yang juga Pembina Program Kota Sehat ini.

Menurutnya, Kayutangan terlihat bersih dan juga menjadi salah satu pilotting penanganan penataan perkotaan. Terlebih, pemerintah pusat pun juga menjadikan Kampung Heritage Kayutangan sebagai sampling dalam penataan selanjutnya. “Harapannya Kota Sehat di sini masuk dalam predikat tertinggi yakni Swasti Saba Wistara, mudah-mudahan. Kalau saat ini masih Swasti Saba Wiwerda,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan jika ada beberapa yang perlu dilakukan pembenahan di kampung Kayutangan, mulai dari tempat sampah yang berada di pintu masuk, lampu dan air yang bisa langsung diminum dari kran atau Zona Air Minum Prima (ZAMP).

“Beberapa tempat sampah ada yang harus dibenahi, karena problemnya itu belum ada penyerahan dari pusat ke kami. Kemudian lampu ini juga ada yang mati dan nanti kita sampaikan kepada dinas terkait. Ini tusi-nya siapa sehingga bisa dinyalakan dan mekanismenya bagaimana. Lalu, untuk ZAMP dari Perumda Tugu Tirta itu juga,” pungkas Sutiaji. (say/yon)