Home / Berita / Kelurahan Sukoharjo Tiga Terbaik Kelurahan Cinta Statistik 2021 di Jawa Timur

Kelurahan Sukoharjo Tiga Terbaik Kelurahan Cinta Statistik 2021 di Jawa Timur

Malang, (malangkota.go.id) – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, menetapkan Kelurahan Sukoharjo Kota Malang sebagai Terbaik 3 Desa Cinta Statistik (Cantik) 2021 Kategori Kelurahan bersama Kelurahan Demangan Kota Madiun, Kelurahan Sukoharjo Kota Malang, dan Kelurahan Sekarputih Kabupaten Bondowoso. Penghargaan tersebut diserahkan dalam rangkaian Rapat Evaluasi dan Pemanfaatan Data Susenas 2021 di Golden Tulip Holland Resort Batu, Selasa (15/12/2021).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan apresiasi atas capaian Kelurahan Sukoharjo. Menurutnya, hal ini selaras dengan komitmen membenahi data statistik secara kolaboratif menuju Satu Data Kota Malang.

“Gerakan satu data akan sukses kita laksanakan jika kita selalu tertib administrasi. Harapannya tentu terjadi replikasi dari apa yang sudah dilakukan bersama BPS di Sukoharjo,” terang Sutiaji saat dihubungi di tengah agenda dinas di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Jakarta.

Keberhasilan Kelurahan Sukoharjo sebagai wakil Kota Malang masuk tiga besar Desa Cantik dari 70 desa/kelurahan nominasi se-Jawa Timur. Tentu prestasi ini tidak lepas dari kerja apik bersama BPS Kota Malang sebagai leading sector peningkatan literasi dan pembinaan statistik.

“Ini adalah amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang harus kita penuhi. Semoga perangkat daerah lainnya juga mengikuti jejak Kelurahan Sukoharjo,” sambungnya.

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini, SE., MM menjelaskan, bahwa tujuan dari program Desa atau Kelurahan Cantik sendiri salah satunya adalah meningkatkan kompetensi, literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

“Program ini bertujuan mengoptimalisasikan penggunaan dan pemanfaatan data statistik. Tujuannya agar program pembangunan di desa/kelurahan lebih tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, Lurah Sukoharjo Januar Agung Rizaldhi, SE yang hadir dalam kegiatan tersebut dan menerima penghargaan, menyampaikan terima kasih atas peran serta seluruh pihak dalam mendukung program yang mulai bergulir sejak April 2021. “Terima kasih atas dukungan Bapak Wali Kota Malang serta jajaran Pemkot Malang, BPS, seluruh jajaran kelurahan serta masyarakat Sukoharjo,” imbuhnya.

Sejumlah faktor menjadi kunci raihan prestasi kelurahan yang dihuni 7.486 jiwa tersebut, di antaranya adanya kepedulian tinggi jajaran kelurahan terhadap data, website yang secara rutin dimutakhirkan, dan kelengkapan data profil desa dan kelurahan (prodeskel) dalam kurun dua waktu terakhir.

“Selain itu dukungan pemangku kepentingan terhadap berbagai survei yang menjadi program BPS. Hal itu dinilai sangat baik dan ditunjang ketersediaan jaringan telekomunikasi yang sangat memadai di hampir seluruh wilayah kelurahan seluas 54,75 hektar tersebut. Ini tentu sangat mendukung pendataan berbasis digital yang terus dikembangkan BPS,” sambungnya.

Pada momen yang sama, dua prestasi juga diraih BPS Kota Malang yakni, penghargaan pertama atas peran sebagai Pembina Desa Cantik dan terbaik dua se-Jawa Timur kategori Capaian Perolehan Rekomendasi Kegiatan Statistik. Prestasi ini diraih sebagai hasil kolaborasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang. (ndu/ram)

Sumber : https://malangkota.go.id/

About kecklojen

x

Check Also

Dua Regu Pramuka Penggalang Mewakili Kota Malang ke Jambore Nasional XI 2022

Malang, (malangkota.go.id) – 16 siswa-siswi SMP di Kota Malang yang tergabung dalam dua regu Pramuka Penggalang ...