Home / Berita / Dua Regu Pramuka Penggalang Mewakili Kota Malang ke Jambore Nasional XI 2022

Dua Regu Pramuka Penggalang Mewakili Kota Malang ke Jambore Nasional XI 2022

Malang, (malangkota.go.id) – 16 siswa-siswi SMP di Kota Malang yang tergabung dalam dua regu Pramuka Penggalang akan berpartisipasi dalam ajang Jambore Nasional XI 2022. Kegiatan akbar bagi Pramuka Penggalang ini akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur dengan tema “Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi”.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan apresiasinya atas kesiapan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang. Dia mengucapkan terima kasih kepada pembina Pramuka di Kota Malang yang telah membawa anggota Pramuka mengikuti gelaran nasional.

“Kami berharap adik-adik dapat mencerminkan dan membawa nama baik Kota Malang, kota yang penuh prestasi dan dedikasi. Saya berkeyakinan, karena sudah dibina dengan baik, talenta-talenta ini bisa berprestasi mewakili Kota Malang,” ujarnya saat menghadiri Pelepasan Kontingen Jambore Nasional XI 2022 Kwarcab Kota Malang, Jumat (29/7/2022) di Gedung Pramuka Kota Malang.

Sutiaji juga menyampaikan kekagumannya pada Pramuka. Pria berkaca mata ini begitu terharu saat pengumandangan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan lantang dan tulus. Menurutnya, hal ini menunjukkan rasa cinta para anggota Pramuka atas tanah airnya yang harus dipupuk dan dilestarikan.

“Saya juga pernah melihat langsung saat latihan. Saat ini saya memberangkatkan, menjadi sebuah kebanggaan bagi saya bisa mengawal anak-anak. Nanti mereka akan dilihat juga di mata dunia, karena Pramuka tidak hanya di Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Malang, Drs. Heri Sunarko menuturkan bahwa ke-16 siswa terpilih ini telah mengikuti seleksi ketat yang diadakan pada Januari 2022 lalu. “Seleksi ini dilaksanakan di tingkat kwartir ranting di lima kecamatan dan yang ikut seleksi itu ratusan orang. Akhirnya muncul 16 orang ini, jadi masing-masing kwartir ranting ada perwakilan. Jumlah 16 ini adalah ketentuan dari kwartir nasional dan tidak boleh lebih,” ungkapnya.

Lebih lanjut Heri menuturkan, bahwa ke-16 anggota Pramuka Penggalang ini sudah menjalani latihan lebih dari dua bulan untuk mengikuti event yang dilaksanakan pada tanggal 12-21 Agustus 2022 ini. Pelatihan dilaksanakan di Kwarcab dan Pusdiklatcab Wita Raga Madyopuro. Menurutnya, kedua regu ini telah siap mengikuti “pesta” Pramuka Penggalang dari seluruh indonesia yang juga diikuti oleh sekitar 11 negara di kawasan Asia Pasifik.

“Inti kegiatan pramuka adalah brotherhood atau persaudaraan, penanaman nilai wawasan kebangsaan, pembentukan life skill, dan character building. Di sana mereka akan bertemu sesama pramuka dari seluruh daerah nusantara dan bahkan dari pramuka yang dari luar Indonesia seperti Malaysia dan Thailand. Dengan misi utama adalah perdamaian dunia,” ujar pria yang merupakan Camat Klojen ini.

Heri memaparkan ada beragam aktivitas yang akan diikuti oleh peserta, di antaranya terkait teknologi giat teknis kepramukaan, navigasi, tapak perkemahan, teknologi informasi, jurnalistik, avonturir, dan sebagainya. “Nanti peserta akan membawa pulang tanda keikutsertaan kegiatan. Ini adalah suatu kebanggaan Pramuka Penggalang, karena hanya akan dimiliki oleh mereka yang ikut Jambore Nasional yang digelar lima tahun sekali,” sambungnya. (ari/ram)

About kecklojen

Leave a Reply

x

Check Also

Jelang HUT ke-77 RI, Walikota Sutiaji Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Kecamatan Klojen – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Walikota ...