Berita Kecamatan

Sukseskan Indonesia Bebas Polio, Kota Malang Mulai Pencanangan Sub PIN Polio Serentak

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak putaran pertama. Secara simbolis pencanangan Sub PIN Polio ini dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM dengan memberikan imunisasi polio kepada anak-anak kelompok sasaran di SDN Kauman 2 dan Posyandu RW 4 Kampung Kayutangan Kauman, Senin (15/1/2023).

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memberikan imunisasi polio kepada balita di Posyandu RW 4 Kayutangan

“Ini program pemerintah yang harus kita lakukan, dan ini serentak tidak hanya di Kota Malang saja, tapi di seluruh Indonesia. Untuk Kota Malang ini ada 300 titik dan kurang lebih ada 100 ribu anak usia 0 sampai dengan 7 tahun. Harapannya dengan adanya Sub PIN Polio ini, dan anak-anak sudah kita beri vaksin, apabila nantinya terjadi wabah polio, ini sudah kita antisipasi,” jelas Wahyu.

Sub PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan Polio tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan kegiatan yang mengusung tagline Bersama Kita Bebaskan Anak-anak dari Polio, Anak Sehat, Indonesia Hebat ini adalah dalam rangka pencegahan dan pemutusan rantai penularan virus Polio yang menyebabkan kelumpuhan pada anak.

“Jadi ini serentak kita lakukan yang dibagi dua gelombang. Nanti Februari kita akan imunisasi untuk vaksin yang kedua. Mari kita jadikan anak-anak kita menjadi generasi yang berkualitas di tahun 2045. Anak-anak yang sekarang inilah yang kita siapkan, karena nanti akan menjadi SDM yang berkualitas. Jadi kita harapkan dengan vaksin polio ini bisa menjadikan mereka kebal terkait dengan penyakit polio,” papar orang nomor satu Pemkot Malang tersebut.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, Sub PIN Polio untuk putaran pertama dilaksanakan pada tanggal 15 – 21 Januari 2024, dan untuk putaran kedua akan dilaksanakan tanggal 19 – 24 Februari 2024. Vaksin yang diberikan adalah vaksin polio tetes. Imunisasi tetes untuk anak ini diberikan secara gratis di 300 titik yang tersebar di Kota Malang yaitu posyandu, sekolah (PAUD – SD) dan puskesmas wilayah.

“Untuk menyukseskan kegiatan ini, para Camat dan Lurah agar menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk mendukung program ini dengan terus mendorong dan mengedukasi masyarakat untuk ikut serta pemberian imunisasi polio bagi anak-anaknya,” pungkasnya. (yul/yon)