BeritaBerita Kecamatan

Kelurahan Samaan Wakili Kota Malang di Lomba Kelurahan Tangguh Tingkat Provinsi Jawa Timur

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tangguh Kategori Madya Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 mengunjungi Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang, Selasa (07/9/2021).

Penilaian lomba desa tangguh bencana di Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021, Kelurahan samaan, Kecamatan Klojen menjadi satu-satunya Kelurahan dari sekian banyak kelurahan yang dipilih menjadi perwakilan untuk mengikuti lomba Desa Tangguh Bencana (Destana) di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kedatangan Tim penilai lapangan disambut Lurah Samaan Anang Setiawan, Sekretaris Kecamatan Klojen Agus Tri Putranto dan Kalaksa BPBD Kota malang, Alie Mulyanto menerima tim dengan ramah. Seluruh tahapan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan sebelum berangkat, semua tim peninjau lapangan sudah melakukan swab antigen. Selain itu, untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan Covid-19, BPBD Prov Jatim.

Lomba Destana sendiri yang diselenggarakan masih dalam situasi pandemi ini memang tak banyak melibatkan personil. Sambutan dilakukan sangat singkat dan langsung berlanjut dengan proses penilaian. Tim peninjau lapangan memeriksa kelengkapan administrasi dan portofolio sesuai indikator Desa Tangguh Bencana di tingkat Madya.

Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang adalah lokasi kelurahan yang dinilai dalam kategori Madya. Saat penilaian ada indikator yang ditinjau diantaranya, aspek kesiapsiagaan aparat pemerintahan dan masyarakat, aspek kajian risiko, aspek kesehatan dan aspek pengangaran.

Selama hampir 1,5 jam tim peninjau lapangan berada di kelurahan Samaan. Dan banyak masukan serta penggalian info yang bermanfaat. Diskusi menarik terjadi di beberapa meja tiap aspek. Sungguh sebuah kegiatan yang berdaya guna manfaat. (smrsn)