Berita Kecamatan

Wawali Buka Sosialisasi Tentang Menciptakan Kerukunan Bersama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Klojen (kecklojen.malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka kegiatan Sosialisasi Tentang Menciptakan Kerukunan Bersama Dalam Kehidupan Bermasyarakat yang diselenggarakan di aula Kantor Kecamatan Klojen Kota Malang, Senin (10/7/2023).

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat membuka kegiatan Sosialisasi Tentang Terciptanya Kerukunan Bersama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Wawali Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen di Kecamatan Klojen yang berkat peran sertanya situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat tetap terjaga dan kondusif.

“Saya selalu memposisikan babinsa, bhabinkamtibmas bersama camat dan lurah di depan, karena itulah sistem pemerintahan kita. Jangan sampai salah mempersepsikan bahwa sistem/bentuk pemerintahan kita itu berdiri sendiri-sendiri, tetapi bersama-sama,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Wawali yang akrab disapa Bung Edi itu juga menyampaikan terima kasih masih diberi kesempatan untuk bertemu dan bersilaturahmi di masa kepemimpinannya bersama Wali Kota Malang yang tinggal sampai bulan September 2023 mendatang ini.

Dikatakannya, pertemuan ini adalah momen yang baik untuk meningkatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Sebagai warga Kota Malang, Bung Edi mengajak untuk tidak melupakan sejarah bahwa Bangsa Indonesia sekian lama dalam masa penjajahan hingga akhirnya dapat merdeka.

Ada satu momen bagi Bangsa Indonesia dimana peristiwa pada 28 Oktober 1928 yakni Sumpah Pemuda yang menjadi momentum menyatukan tekad dan mempersatukan seluruh aspek bangsa, tidak hanya pemuda saja, tetapi menyatukan seluruh ras, agama, dan suku yang ada di Indonesia.
“Berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Komitmen itu harus terus kita junjung bersama sampai kapanpun, termasuk di Kota Malang yang merupakan miniatur Indonesia,” tutur Bung Edi.

Dengan menjaga komitmen tersebut, Wawali berharap tidak akan ada sikap rasisme dan sebagainya yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Dengan begitu maka kondusivitas di Kota Malang akan tetap terjaga.

Camat Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si saat memberikan kata sambutan Sosialisasi Tentang Terciptanya Kerukunan Bersama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sementara itu Camat Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah bentuk antisipasi kejadian pelanggaran ketertiban masyarakat yang menimbulkan keresahan. “Alhamdulilah di wilayah Kecamatan Klojen hingga hari ini nihil pelanggaran-pelanggaran ketertiban masyarakat. Kondisi ini harus terus kita jaga bersama,” ajak Heri.

Dari hasil rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan Klojen, Kapolresta Malang Kota menilai tingkat kriminalitas dan pelanggaran hukum di wilayah Kecamatan Klojen paling rendah dibandingkan kecamatan lain. “Terima kasih kepada Bapak Wakil Wali Kota Malang selaku koordinator langsung untuk penanganan kamtibmas di Kota Malang,” tutup Heri. (cah/yon)