Berita Kecamatan

Pj Wali Kota Malang: Santri Turut Berperan Membangun Negeri

(Klojen.malangkota.go.id) – Camat Kecamatan Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si bersama kepala OPD se-Kota Malang menghadiri upacara peringatan Hari Santri 2023 yang digelar di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (23/10/2023). Sebagai inspektur Upacara peringatan Hari Santri 2023 (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM . Pada peringatan Hari Santri 2023 yang mengangkat tema ‘Jihad Santri, Jayakan Negeri’ ini, Pj. Wali Kota Malang menyampaikan bahwa peran santri dalam membangun negeri sangatlah penting.

 

 

“Mereka menjalankan tugas dan perannya dalam menjaga NKRI tanpa pamrih, penuh istikamah dan jiwa patriotisme yang tinggi. Mereka menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan dalam satu tarikan nafas sesuai fatwa KH. Hasyim Asy’ari, ‘hubbul wathon minal iman’ bahwa mencintai bangsa dan negara adalah sebagian dari iman,” jelas Wahyu dalam sambutannya.

Pada momen ini, Wahyu mengajak semua pihak untuk meneladani dan terus mendukung serta menggelorakan semangat tersebut untuk menjaga keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila. Pemkot Malang pun dikatakannya berkomitmen untuk terus mendukung dan memperhatikan pendidikan pesantren dan pengembangan potensi santri.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan apresiasi dan dukungan nyata kepada perjuangan kaum santri Indonesia. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang inklusif dan memberikan ruang bagi santri untuk berkembang secara optimal, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara,” tambahnya.

Mengutip dari KH Mustofa Bisri, Pj Wali Kota Malang mengutarakan bahwa santri bukan hanya dari kalangan yang mondok di pesantren saja, tetapi siapapun yang berakhlak seperti santri dialah santri sejati. Kaum santri adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Marilah kita mengambil hikmah dalam merayakan Hari Santri Nasional Tahun 2023 dengan merawat, menjaga dan mewujudkan cita-cita negara proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mari kita jaga persaudaraan dan persatuan nasional khususnya dalam menjalani tahun politik yang sedang berjalan di Tanah Air saat ini,” pesan Wahyu.

Sekali lagi Wahyu berpesan supaya semangat santri agar terus menyala dan menjadi pendorong untuk terus berbuat baik dan memberikan kontribusi nyata bagi negeri ini. Di akhir sambutannya, Wahyu mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama memekikkan Hari Santri 2023, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan apresiasi kepada Kafilah Kota Malang yang memperoleh juara MTQ XXX Provinsi Jawa Timur di Kota Pasuruan pada 2-10 Oktober 2023. (yul/yon)