Berita Kecamatan

Pj Wali Kota Malang Tekankan Pentingnya Penguatan Wawasan Kebangsaan

(Klojen.malangkota.go.id) – Dialog Kebangsaan bertajuk ‘Menuju Kecamatan Klojen dan Kota Malang yang Nyaman serta Berdaya Saing Tinggi’ yang dilaksanakan oleh kecamatan Klojen di Hotel Savana Kota Malang, Senin (23/10/2023). Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arm Chaerul Efendi pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengungkapkan apresiasi dan berterima kasih kepada warga Kecamatan Klojen telah berperan aktif untuk menjaga kondisivitas Kota Malang, termasuk saat ini yang memasuki tahun politik. “Kami menyambut positif kegiatan dialog kebangsaan ini yang diinisiasi Kecamatan Klojen ini,” kata Wahyu.

Pada kesempatan ini Wahyu menekankan pentingnya penguatan nilai-nilai kebangsaan, mengingat Kota Malang merupakan miniatur Indonesia dengan keragaman dan kemajemukan warga masyarakatnya. Karena dengan kuatnya pemahaman akan wawasan kebangsaan, maka menurutnya akan lebih kuat juga untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman dan perpecahan.

“Untuk itu saya berharap aparatur Kecamatan Klojen sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Malang harus mampu memberikan sebuah pemahaman kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan. Yaitu menempatkan suatu cara pandang yang benar akan sebuah perbedaan, seperti tercermin dalam frasa Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa yang menegaskan bahwa boleh berbeda beda namun tetap satu jua, dan pengabdian hanyalah untuk negara,” tuturnya.

Dengan memantabkan tujuan bersama dalam menjaga wawasan kebangsaan, dikatakan Wahyu tentunya akan membawa kerukunan dan kedamaian. Melalui penguatan rasa saling menghargai dan menghormati antara masyarakat yang satu dengan yang lain maka nantinya akan meningkatkan persatuan, kebangkitan dan pertumbuhan segala sektor pembangunan di Kota Malang.

Pada kesempatan ini Pj wali Kota juga berpesan bahwa esensi dari wawasan kebangsaan harus dapat diimplementasikan dalam Pemilu Serentak 2024. Untuk itu orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Malang tersebut mengharapkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari seluruh aparatur Kecamatan Klojen dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024 agar dapat berjalan sukses.

Sementara itu, Camat Klojen Heri Sunarko mengatakan dialog kebangsaan ini dibagi menjadi tiga sesi dengan jumlah total sebanyak 500 peserta. “Untuk hari ini diikuti sebanyak 170 peserta yang terdiri dari LPMK, BKM, Babhinsa, Babinkamtibmas, Kader Lingkungan, Karang Wreda dan juga dari unsur Pramuka,” ungkap Heri.

Kegiatan ini digelar adalah untuk memotivasi masyarakat agar semakin giat berbuat yang terbaik untuk lingkungan, bangsa dan negara. “Selama ini di wilayah Kecamatan Klojen kamtibmasnya bagus, di masa pandemic Covid yang terkena juga paling rendah, angka stunting juga paling rendah. Apa yang sudah bagus ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,” pungkas Heri. (cah/yon)